Media Sosial Sebagai Pengembang Bisnis di Era Digital

Hai Youngpreneurs!! Kembali lagi dengan WeMagz yang kali ini akan membahas mengenai kemudahan menjalankan usaha bisnis dan promosi produk dengan menggunakan media sosial. Buat kalian yang sedang menjalankan usaha, jangan lupa simak artikelnya sampai habis dan jangan lupa share ya!! Happy reading ^^

Media sosial merupakan tools yang digunakan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia pada era digitalisasi ini. Media sosial dianggap menjadi esensi utama masyarakat dalam mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang masif. Apabila masyarakat yang tidak mengikuti perkembangan tersebut maka dinilai akan menjadi orang yang ketinggalan zaman dan tidak mengikuti peradaban sehingga menjadi komunitas yang tertinggal. Selain sebagai sarana berkomunikasi dan mendapatkan informasi, media sosial juga berguna sebagai wadah untuk pengembang bisnis. Hal ini didasarkan pada mudahnya mengakses informasi terhadap sesuatu dan tingkat penyebaran informasi yang cenderung mudah dan menyeluruh. Penggunaan media sosial yang mudah ini memberikan keuntungan bagi para pebisnis yang ingin berpromosi kepada orang lain tanpa harus mendatangi mereka satu per satu dari rumah ke rumah seperti sales tahun 2000-an.

Media sosial kemudian seiring berjalannya waktu dan tingkat keinginan konsumen yang terus meningkat, maka mereka terus berupaya agar menciptakan media sosial yang dapat memudahkan semua orang dalam pengaplikasiannya. Mulai banyak media sosial yang menyediakan tools-tools yang dapat digunakan oleh para pelaku usaha, seperti fitur ‘shop’ pada beberapa media sosial, seperti Instagram dan TikTok. Beberapa media sosial lainnya yang dapat digunakan sebagai media promosi yaitu di antaranya:

  • Facebook

Facebook menjadi pilihan pertama masyarakat sebagai media pengembangan bisnis mereka, karena aplikasi ini adalah yang pertama dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, pengguna Facebook yang telah mencapai kurang lebih 1,59 miliar menjadi platform digital yang dapat menghubungkan para pelaku usaha terhadap bisnis mereka kepada orang lain dengan skala yang besar. Berbisnis di Facebook juga tidak memerlukan modal yang besar. Selain itu, Facebook juga memiliki fitur-fitur yang dapat digunakan sebagai media promosi iklan yaitu Facebook Ads yang dapat menjurus kepada target market produk yang dipasarkan.

  • Twitter

Jenis media sosial yang satu ini mampu digunakan sebagai media promosi produk bisnis dengan fitur-fiturnya yang dapat mengunggah berita, foto, video, dan update status. Selain itu, Twitter juga mampu membuat thread, yaitu kumpulan postingan yang diakumulasi menjadi sebuah rangkaian, sehingga memungkinkan pelaku usaha untuk dapat memberikan informasi dalam sekali posting dalam jumlah yang banyak. Fitur retweet yang ada juga dapat memberikan keuntungan bagi para pelaku bisnis karena penyebaran informasi menjadi lebih luas.

  • Instagram

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa Instagram mempunyai fitur ‘shop’ yang dapat digunakan untuk mengunggah dan memesan produk melalui aplikasi tersebut, ada fitur lainnya yang dapat digunakan yaitu story, IGTV, Reels, feeds, dan Instagram Ads. fitur-fitur tersebut menjadi unggulan Instagram karena menjadi media sosial yang menyediakan fitur sebanyak itu. Penggunaan IGTV dan Reels untuk mempromosikan produk usaha akan lebih efektif karena dapat menjangkau seluruh masyarakat yang menggunakan Instagram serta dapat menjangkau baik kepada followers ataupun non followers. Instagram juga menyediakan fitur Instagram Bisnis yang memberikan lebih banyak kemudahan dalam menjalankan bisnis. Hal menarik lainnya yaitu, dalam Instagram para pelaku bisnis dapat bekerjasama dengan influencer untuk melakukan endorsement produk bisnis kalian.

  • TikTok

Aplikasi satu ini tergolong aplikasi yang lebih baru daripada aplikasi lainnya. Akan tetapi kebermanfaatannya tidak dapat diragukan karena adanya fitur ‘TikTok Shop’ yang mampu memudahkan konsumen dalam berbelanja produk yang mereka inginkan. Algoritma yang digunakan dalam aplikasi TikTok juga sangat terasa, dimana sekali kita mencari produk usaha, maka produk usaha serupa lainnya akan muncul pada beranda TikTok. Selain itu, penggunaan fitur hashtag dan challenge yang sedang trending dapat membuat promosi bisnis dapat mencapai target audience yang lebih banyak. Aplikasi ini juga menjadi unggulan para remaja untuk berbelanja karena harga yang ditawarkan cenderung lebih murah dan tarif ongkos kirim yang tergolong lebih rendah daripada aplikasi berbelanja lainnya. Sehingga, penggunaan TikTok sebagai media promosi dan usaha sangat cocok di masa digital ini.

  • WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi yang digunakan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia karena kegunaannya yang dimanfaatkan sebagai aplikasi pengirim pesan online yang mudah. Pengguna aplikasi ini juga beragam, mulai dari usia remaja hingga manula. Kemudahan aplikasi ini menjadikan banyak orang untuk memanfaatkannya sebagai media promosi dan menjalankan bisnis, apalagi fitur whatsApp Business yang memudahkan mereka dan dirancang khusus bagi para pelaku bisnis. Pada WhatsApp Business, mereka para pelaku usaha dapat mencantumkan produk mereka beserta harga yang ditawarkan, sehingga konsumen dapat dengan mudah mengakses katalog produk. Selain itu, pada WhatsApp Business juga terdapat fitur pesan langsung yang dapat membalas pesan sesuai dengan keyword yang dicantumkan.

Kemudahan ini tentunya memudahkan para pelaku usaha untuk terus mengembangkan bisnisnya dengan mudah serta mendorong konsumen lainnya untuk turut serta memanfaatkan fitur tersebut untuk membuka usaha mereka sendiri. Adanya fitur ‘shop’ pada media sosial juga memberikan peluang yang lebih besar bagi para pelaku usaha yang dapat membuat usaha mereka semakin besar. Dengan dibarengi dengan keterampilan SEO yang mumpuni, maka para pelaku bisnis dapat dengan mudah mencapai puncak mereka. Namun, tentunya dengan kemudahan akses pada media sosial ini harus diimbangi dengan keterampilan marketing yang baik dan desain konten yang mampu menarik atensi publik.

Gimana nih, Youngpreneurs? Sudah teredukasi belum nih, sama artikel yang barusan dibaca? Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang sedang menjalankan usaha bisnis dan bingung gimana caranya untuk bisa melakukan promosi secara efektif. Sampai ketemu di WeMagz edisi selanjutnya!

Penulis

Jelma Lifa Agusti — Depart. Media Informasi

Editor

Altarisa Bellany — Depart. Media Informasi

Rosa Nisrina — Depart. Media Informasi

Leave a Comment